AGG : Stop Kriminalisasi Natalius Pigai untuk mengganggu PON XX Papua

banner 468x60
Foto;Aleksander G gobai saat menjabat sebagai ketua BEM USTJ (Albert yatipai) jp

JAYAPURA,JALAPAPUA.COM, Jayapura, Jumat 10/08/21), Alexander Gonzales Gobay, aktivis pemuda papua menanggapi berbagai opini di berbagai media yang sedang berkembang akhir-akhir ini mengenai persoalan cuitan tweeter Natalius Pigai salah satu pegiat HAM asal Papua itu.


Menurutnya, Natalius Pigai adalah tokoh bagi masyarakat papua yang selalu memperjuangkan keadilan dan kebenaran bagi siapa saja sejak menjadi Komisioner Komnas HAM di Indonesia, sehingga 
Berbagai upaya pelaporan kriminalisasi yang dilakukan terhadapnya itu mempunyai dampak buruk dana bisa mengganggu kestabilan situasi dan kondisi keamanan di Tanah Papua, apalagi dalam proses pergelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua yang sedang berlangsung saat ini. 


“Saya minta supaya semua pihak hargai agenda nasional pelaksanaan PON di Papua, stop dulu untuk kriminalisasi kaka Natalius”, tegasnya.


Lebih lanjut, mantan ketua BEM USTJ itu menjelaskan, Natalius Pigai juga pernah menjadi korban diskriminasi rasisme, namun tidak pernah menuntut kasusnya dilaporkan kepada pihak terkait untuk proses hukum para pelaku, tetapi ia mengampuni dan maafkan mereka.


Hal itu, menurut AGG dilakukan Natalius Pigai untuk menjaga kedamaian di Tanah Papua, karena Natalius Pigai adalah tokoh representase masyarakat papua yang mempunyai pengaruh besar bagi tanah Papua.


“Kaka Natalius itu tokoh orang Papua yang jadi korban rasisme lalu, sempat dia maafkan jadi papua juga tenang”, terang dia.


Akhirnya, ia menyerukan kepada semua pihak petinggi negara Indonesia agar menghentikan kriminalisasi dan pemberitaan-pemberitan media yang dapat untuk  mengganngu berjalannya Iven Nasional empat tahunan yang sedang berjalan di Tanah Papua saat ini.


“Petinggi-petinggi negara harus secepatnya hentikan kasus ini agar tidak memancing masyarakat demi suksesnya PON di Papua sampai selesai” Alex, saat dimintai keterangan.



Pewarta : Beto Kudiai

Leave a Reply

Your email address will not be published.

-------------------------------------- ----