Ini Sosok YOHANIS YANCE BOYAU, Pemimpin Yang Merakyat Dari Pantai Mimika,Papua

banner 468x60
Doc: pribadi(abet-Jp) 




Oleh : Abet mote

Bapak Yohanis Yance Boyau Beliau adalah, Seorang Sosok Yang berpengalaman dalam bidan kedisplinan, Mentalitas dan punya visi hidup yang jelas, yaitu:  Bapak Yohanis Yance Boyau. Kepala suku besar Sekaligus Ketua  Lembaga Adat Suku Kamoro, LEMASKO. Ketua  Definit.


Dia seorang yang familiar di kalangan masyarakat Kamoro dan Amungme di kabupaten Mimika yang eksotis berjiwa Merakyat dan Penuh tanggung jawab diatas negeri’nya sendiri, dan bagi masyarakatnya sendiri. dimana Beliau adalah pemimpin yang Hebat dalam Membongkar skandal permainan limbah besi Scrap eks PT. Freeport indonesia. Sesuai surat MOU PTFI kepada Masyarakat adat yang kena dampak langsung limbah PT. Freeport Indonesia. Di timika Papua.



Beliau adalah Seorang sosok Tokoh masyarakat adat suku besar kamoro di mimika. Hingah menjadi Ketua Lembaga Adat Suku Kamoro LEMASKO. Beliau adalah seorang tokoh yang mampu Dan Berpengalaman. Pak yance boyau. memang mulai tarlihat kegigiannya dalam membongkar sindikat  Mafia kasus besi scrap eks PTFI ini.


Yang di mana dicuri dan dibawah tanpa dasar hukum yang jelas. Yang tersebar di sepanjang pulau jawa dan maluku utara tersebut. Pak yance adalah anak putra asli Mimika.Bapak yance Boyau adalah Ketua Lembaga Adat  Suku Kamoro LEMASKO dimana pak yance berkolaborasi antara kedua Lembaga adat yakni LEMASKO & LEMASA Serta 5 Kekerabatan suku lain di mimika di bawah payung Hukum Lembaga pusat pengendali masyarakat adat pengunungan tenggah papua LP2MA-PTP PAPUA. Dengan Kantor Cabang Mimika.di bawah kendali Komunitas kepala suku besar 5 suku di kabupaten mimika. Yaitu Suku Moni, Nduga, Danni, Mee/Ekari, Damal.
beserta beberapa yayasan masyarakat serta ke-5 Daskam dari Pesisir Pantai Mimika Papua. 


Maka Demikian Kami dari Lembaga pusat pengendali masyarakat Adat pengunungan tenggah Papua. LP2MA-PTP PAPUA. Sangat kagum dan sangat mengapresiasi bapak. Yance Boyau selaku Ketua Lembaga Adat masyarakat kamoro LEMASKO di mana perjuangan beliau yang sangat panjang dan sangat sulit dalam kasus ini hingga pak Yance boyau bersama para tim kerja sudah perjuangkan selamat 7 tahun lamanya. Untuk penyelesaian Kasus tersebut hingga  Titik akhir keberasilan. 


Peryataan apresiasi kamu kepada Bapak Yance Boyau yakni.”dalam kutipan peryataan dia tertanggal 17 Maret 2022.
yakni.. kata yance:
“Lemasko bersama semua masyarakat yang berkepentingan dalam eks besi scrap PTFI ini enta lembaga, yayasan sertah masyarakat adat akan bagi Hasil’nya sama rata dan sama ukuran nilai’nya. imbun Yance Boyau di depan staff khusus Presiden bapak Lenis Kogoya. Dalam jumpa pers’nya”.
dalam hal demikian Maka kami dari pengurus Lembaga pusat pengendali masyarakat adat pengunungan tenggah papua sangat dan sangat bangga dan mengapresiasi Bapak yance boyau bersama Tim nya”.


Doc:Pribadi (abet-jp) 



Saya Yohanes Mote. selaku Ketua Defenitif LP2MA-PTP PAPUA. Menyatakan sangat bangga dengan perjuangan serta kepemimpinan beliau dalam menjalan kan lembaga adat suku kamoro LEMASKO  ini.

Kutipan inspirasi dari saya ketua definitif LP2MA -PTP Papua. dalam sebuah akusisi kekuasahan suatu institusi kelembagaan pasti akan melahirkan pemimpin-pemimpin idiot yang sejati. dalam sebuah proses perjuangan seorang pemimpinan suatu organisasi serta kelembagaan yang tersistimatis. terletak sesorang pemimpin itu untuk mendengarkan dengan hati dan memiliki komitmen serta-marta kerendahan hati dalam memimpin suatu golongan atau organisasi.


Seorang pemimpin yang baik juga bukan seseorang yang memerintah, namun memberikan contoh dan melakukannya bersama dengan orang yang dipimpin.

Menjadi seorang pemimpin bijak bukan hal yang mudah, tetapi bisa dilatih dan dikembangkan sehingga tumbuh menjadi seorang pemimpin yang disegani oleh banyak orang.

Setiap orang dapat menjadi pemimpin, akan tetapi mereka harus memiliki tekad yang kuat, dedikasi yang tinggi, serta sifat pantang menyerah.


Kamu dapat memahami arti penting serta tugas dari seorang pemimpin yang beradat dan berwibawa dalam mengankat harkat dan martabat manusia dalam perjuangan dan karya -karya tertentu. Jadilah pemimpin yang berjiwa besar dan bersahabat dengan Tuhan, diri sendiri,lingkungan serta sesama.

jadi pemimpin yang berlandaskan 3 tungku Agama- Adat -pemerintah maka anda siapa pun yang mau bekerja dengan bijak dengan hati dan jiwa raga yang murni maka Alam dan Tuhan pun akan bersahabat bersama kita kapan pun dimana kita berada.

           Salam Revolusi.

MAJU BERSAMA UNTUK BERSATU.

KETUA DEFINITIF LP2MA – PTP PAPUA |•JHON MANAGAI MOTE•|

Leave a Reply

Your email address will not be published.

-------------------------------------- ----