LUKA YANG SADIS BAGI ORANG MEPAGO PAPUA KINI TIADA BERAKHIR

banner 468x60

(Foto: abet mote) 




Oleh abet Mote
==============================

*_Saya menulis berdasarkan hukum Allah dan alamiah suku mee mepago Papua_*

*Pengertian*
“Filosofi Hidup Orang Mee yang harus Dipertahankan: “Dou, Gai dan Ekowai”

MEE adalah nama salah satu Suku Asli di Tanah Papua yang mendiami di sekitar dataran Wiselmeren Paniai mulai dari Kegata sampai Makataka. Kini daerah tersebut termasuk dalam wilayah kerja pemerintahan Kabupaten Paniai, Deiyai dan Dogiyai.

Filsafat suku Mee dasar hakiki  totalitas kehidupan Genetika dengan asas” Gaii, Dou/Dio-Dou “,Ekowaii”.adalah dasar dari amanat (Hukum Allah).

_Konsep “Gaii_

Gaii artinya pikir. sebelum melakukan sesuatu hal, atau tindakan hal lain “jadikan pikiranmu sebagai kakakmu”.

_Konsep “Dou_

Dou/Dio-Dou artinya  “lihat, dan bertobat. Defini Dou dimaknakan dalam arti yang sangat dasar dari pokok pikiran utama. bertobat bermakna pada kewaspadaan terhadap kausal “karmatologi”.

_Konsep “Ekowaii_

Ekowaii artinya Melakukan. ekowaii merupakan pembahasan yang arti luas dalam kehidupan suku mee, yang mengikat dengan kebiasaan dan adat-istiadat turun-temurun.

Pikir,lihat dan lakukan adalah dasar esensi kehidupan suku mee secara turun-temurun kelanjutan kehidupan..

Hidup suku mee turun-temurun hidup dari cinta dan bijaksana budaya kerja keras “berburu,berkebun,berpagar,berpapan,bertani,nelayang,dan lain-lain “.

Budaya, kebiasaan, adat-istiadat adalah aturan hakiki ( hukum alamiah),bukan hukum buatan dan pengaturan organisasi atau negara.

Budaya,dan kebiasaan dari setiap suku- bangsa,tidak bisa di hapuskan oleh perkembangan zaman,dan pengaturan negara (hukum tertulis).

Mengenal diri saya orang mee mepaoo,
Setiap manusia diciptakan oleh pencipta secara lengkap, baik itu secara tubuh maupun pikiran,agar dapat melakukan perbuatan yang baik kepada sesama manusia maupun alam sekitarnya. 
Setiap manusia mempunyai produk keunikan tersendiri agar dapat menghasilkan karya -karya nyata ditenggah dunia perubahan ini, 
Kadangkala situasi akhir akhir ini membuat semua orang pesimis untuk menyatakan diri bahwa saya mempunyai produk yang besar hal ini disebakan malas, tidak mau berjuang, acu tak acu dengan kemampuan yg dimiliki. 
Belajar mengenal diri potensi yang dimilik akan menjawab kebutuhan zaman maupun orang sekitar kita.” Tugas kita sebagai manusia mee adalah memelihara pikiran yang kita inginkan, lalu memperjelas apa yang kita inginkan didalam benak. Akhirnya 
Harapan kita tercapai itu di kategorikan Ekowai”


*BUMI SURGANYA KITA*

Sejarah tak hilang, Membangun itu dibumi bukan di sorga,kini dan disini kita hidup di dunia nyata.memulailah membangun apa yang kita rasa terpenting bagi kita dan orang disekeliling kita.
Boleh ka kita menjadi orang yang  pengumpul harta dibumi dalam rangka persiapan membangun bangunan di surga ketika langit terbelah dan jatuh dibumi.

Perkembangan dunia dan kehidupan manusia selalu ada perubahan dari waktu kewaktu, dalam proses perubahan itu tentu kita diperhadapkan dengan segala macam kisah entah kisah yang membuat kita senang maupun kisah yang membuat kita tersiksa. semua kisah itu musti harus teringat kembali dalam kehidupan.
Proses perkembangan zaman dari sederhana menujuh zaman teknologi membawah banyak dampak, hal ini juga akan mempengaruhi landasan kehidupan manusia yang pada awalnya diikat dengan tatanan nilai-nilai budaya yang mengatur tentang tatanan hidup kian semakin berubah. 
Perubahan yang sadis disebabkan karna ulah manusia yang selalu mengedepankan :
1.Egois
2.perampasan hak orang
3.Sombong.dll

Akibat dari beberapa faktor ini kondisi papua kusus mepaoo semakin hancur dan tidak mempunyai harapan masadepan papua, mungkin ini sebuah takdir atau unsur kesegajaan…Hari ini kami mengajak melihat pradaban sejarah yang dihadapi orang papua masa lalu dan kini. Jika ada kejanggalan mari kita satukan barisan LAWAN sejarah yang membuat kita hancur.”
Bukti kebenaran yang nyata,
Banyak orang pemimpin jadi alim sebelum mendapatkan sesuatu yang diharapkan adalah pemimpin itu sendiri.”
Hari ini terbukti karakter kebiadab yang segaja dilakukan pemimpin elit lokal Papua mepaoo karakteristik itulah yang taklukan tantangan bagi masyarakat dunia mepago,”
Jika kita melihat, jika kita merasakan, jika kita mendengar. Kalau itu bersalah kenapa kita membisu dalam tindakan untuk menyatakan sesuatu yang benar. dunia zaman gilah,
Kehidupan manusia membutukan sebuah nilai kejujuran, kebenaran, adil, sejahtra namun akibat kerakusan segala aspek kehidupan kehidupan maka nilai-nilai moralitas semakin hancur, mungkinkah menujuh akhir zaman.


“JADILAH berguru original” jadilah sepertinya…. Sebagaimana dia juga ingin menjadi seperti anda, artinya mempersiapkan generasi pengganti “

Penuh makna memberi tanpa mengharapkan kembali, mengajari tanpa menuntut bayaran, mendidik tanpa tuntutan balasan,hal ini dapat dilakukan oleh generasi tua kepada generasi bawahan demi mempersiapkan generasi pengganti yang memiliki kemampuan berdaya saing. 

Generasi tua memiliki kedudukan dan kemampuan yang berbeda,dalam keadaan dan posisi seperti itu mampukah kita bisa dapat menyalurkan energi kepada generasi penerus yg nantinya akan menggantikan masa depan. 

Bagiku sangat sesalkan melihat kondisi perkembagan akhir-akhir ini para pimpinan daerah dalam penerapan program mempersiapkan generasi pengganti, hal ini terjadi karna takut dilewati, takut orang lain jadi pintar, takut keluarga lain jadi orang terhormat pikiran demikian pada dasarnya membunuh generasi penerus. Tidak hanya itu tercipta Konsep ego iri dll itu faktor utama kehidupan bersosial dalam orang mee,
Persoalan isme dan iri kini sudah terbuka secara tersistem.

Tidak seperti duluh mepago, sekarang,
Dalam 1 tahun mahasiswa/i murni tamat lebih dari 100 lebih orang pada umumnya mepago”
Tempat kerja mereka belum tahu nantinya akan kemana?


Surat lamaran kerja kebanyakan ditumpukkan begitu saja,
Hanya orang dalam dan uang masuk yang bisa selamatkan kita didunia kerja.”
Asilnya nanggur tumpuk diatas tumpuk.
Cobah lihat Paniai dan beberapa kabupaten mepago.
Egoisme mepaoo lebih radikal secara karismatik budayakan ego, iri akhirnya
kekayaan dan kekuasan diambil oleh para kapital, Jimat-jimat menjadi andil pengendali para pimpinan di meuwo didide.
kehidupan orang mee papua disiksa, dibunuh, dan dirampas. 
Dalam soal kebebasan, jangan bandingkan keadaan dirimu, tapi lihat orang disekitarmu sedang dibunuh dan disiksa ketika pemimpin banyak soal untuk menjawab.


Fenomena yang diabaikan,
Di negeri permai ini beribu rakyat bersimbah luka, anak anak kurus dan tak bersekolah. pemuda dikampung tak bekerja untuk menafkahi hidup keluarga, mereka dirampas haknya tergusur dan lapar.
Dimanakah hati para kaum berdasi putih namun warna kulit mu Hitam apakah menjadi alat kolonial kapitalisme untuk trus menyiksa rakyat mu atau ka ada niat membebaskan mereka dari realita hidup di area pengungsian.


Atas tindakan itu,
Di balik benteng yang kau bagun kami telah melihat tindakan dan perbuatan kePALALSUANmu.”
Siapa yang akan tanggung jawab atas tindakan ini ketika pemimpin tidak diberikan kesejahteraan, kemakmuran, moralitas yang begitu andal.”
Belajar menjadi orang yang tidak menggangu Hak orang lain dan upayakan menyelamatkan hak orang yang ditindas oleh parah  penguasa,
Pesan dari anak negeri mepago.


*LEADER PEMIKIR REVOLUSIONER*

Sebua tugas yang berat tapi suci, saatnya memikul beban untuk membebaskan (2) juta jiwa orang papua yang hidup dalam perbudakan selama 72 tahun ini bagaimana mengantar ke gerbang hidup baru yang penuh bebas. 


Zaman yang lalu, zaman penjajahan indonesia sampai hari ini tak dapat menolong kita sedikit pun. Marilah sekarang kita bangun tembok baja antara zaman dulu dan zaman kedepan, dan jangan sekali-kali melihat kebelakang .

Marilah kita  pergunakan pikiran yang ” Rasional” sebab pengetahuan dan cara berpikir yang begitu adalah tingkatan tertinggi dalam peradaban manusia dan tingkatan pertama buat zaman kedepan. Cara berpikir yang rasional membawa kita kepada penguasaan atas sumberdaya alam kita yang mendatangkan manfaat untuk menghidupi masa depan. 

Tindakan pertama yang harus dilakukan adalah hapuskan segala macam kepuasan yg menyuburkan semagat budak dan buanglah kesalahan kosong sebab ini adalah  kesesatan pikiran semata. 


Sebagai Kewajiban anak muda papua :
Kamu pahlawan dari angkatan revolusioner! Tuntunlah masa rakyatmu yang lapar, miskin, melarat, haus, menderita itu arahkan menempuh satu barisan dan merobohkan benteng jajahan indonesia. Tanamkan tiang benderah mu diatas benteng jajahan, lindugilah benderahmu dengan nyawamu. Rebutlah tanah pusakamu dan tempat tumpah darahmu. 


Melihat, mendengar, merasakan semuanya tentang hari ini…Dan dipengunjung hari ini kita diberi malam hari untuk merenung kembali semua peristiwa yang kita lihat, mendengar dan merasakan tentu kehidupan mepago Papua zaman ini kenikmatan
Harimau binatang terjahat
Harimau memusuhi seluruh makhluk hidup di tanah ini
Harimau mempunyai taring yang tajam
Harimau tidak pernah beristirahat

Harimau tidak pernah ada di tanah Papua
Harimau tidak pernah ada cerita moyang

Kini Harimau berdatangan dari berbagai penjuru Dunia secara paksa dengan tujuan memangsa. tak terkecuali seluruh seantero tanah Papua dikuasai oleh ribuan harimau.

Busur dan anak panah tinggal cerita
Parang dan tombok tinggal cerita
Kini cendrawasih menangis. 


Catatan:
Siapa aktor perusak dan pengacau berdasi dizaman moderen ini dalam bait Allah di gereja, di pemerintah, di lembaga mana tentu itu mereka yang dikatakan kaum intelek elit lokal Papua.”
Dunia diciptakan sangat indah dan nyaman namun, Dunia dirusaki parah penghuni jagat raya. Celakalah bumi masa depan.”
Dengan latar yang baik,kita bisa seakan-akan berpetualangan didalam cerita itu, ikut terlibat merasakan apa yang dialami atau dirasakan tokoh cerita .
Jalanilah hari ini sebagai tokoh cerita mu agar setiap cerita kita akan dibaca oleh orang disekitar kita.


Tutup:
Kehidupan masa lalu atau kemarin penuh aniyayah, dan pembunuhan  maka “Lihatlah masa lalumu. Masa lalumu menentukan dimana kamu saat ini, apa yg kita lakukan hari ini akan menentukan dimana kita berada besok. Apakah kita harus bergerak maju melawan kejanglan itu atau diam ditempat. 
Visi misi pemimpin revolusioner, Kesadaran adalah matahari, Kesabaran adalah bumi, Keberanian menjadi cakrawala, dan perjuangan adalah pelaksanaan tugas dan tanggung jawab berkata-kata sosok kedewasaan. (semoga syalom kompak)

      *Paniai, 19 September 2022*

*_Penulis adalah Abet Mote tinggal di kampung halaman negeri mepaoo Papua_*

Leave a Reply

Your email address will not be published.

-------------------------------------- ----