Memasuki 14 Tahun KNPB Untuk Papua:KNPB Wilayah Manokwari Memperingati HUT KNPB Yang KE-XIV Tahun,BP: KNPB Tetap Eksis

Foto usai memperingati HUT KNPB Manokwari. (Dok:YD-JP)
banner 468x60

 

 

MANOKWARI, JALAPAPUA.com–Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Manokwari bersama rakyat Papua Barat dan beberapa sektor KNPB di Manokwari merayakan ibadah bersama dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) KNPB yang ke-14 pada tanggal 19 November 2022 pukul 8:35 waktu papua di Manokwari, Papua Barat.

 

Dalam Perayaan ibadah HUT diiringi dengan lagu kebangsaan “hai tanahku Papua” sekaligus dengan ibadah singkat yang dikuatkan dengan renungan oleh Pdt. Manggara dalam bacaan firman yang dikutip dari kitab PL (Pengkhotbah 4:1) dengan bunyi firman “Lagi aku melihat segala penindasan yang terjadi dibawah mata hari dan lihatlah orang orang yang ditindas dan tak ada yg menghibur mereka karena difihak orang orang yang menindas ada kekuasaan, jelasnya,manokwari sabtu,19/11/2022.

 

Pdt,.Dalam khotbahnya. “mejelaskan injil itu kekuatan Allah untuk menyelamatkan setiap orang terutama bangsa Papua”.
Maka menurutnya KNPB sosok menyelamatkan bangsa Papua dari ketidakadilan dibawah terik mata hari dan penindasan kolonial indonesia.

 

“Kami percaya bahwa pasti KNPB akan bawah rakyat Papua dari perbudakan dan pembunuhan dari tangan penjajah menuju pembebasan nasional yang merdeka dan berdaulat”, khotbahnya.

Kini saatnya KNPB tangis tapi ada saatnya KNPB akan tertawa, sekarang KNPB duka cita tapi ada waktunya KNPB akan suka cita. Kami yakin pasti anak-anak KNPB suatu saat akan membawah bangsa ini keluar dari tangan penjajah.ujar ia saat renungan firman TUHAN

 

Pdt. Manggara juga sarankan kini waktunya untuk bersatu mengusir indonesia dari tanah Papua melalui persatuan dan nasionalsime Papua.

 

“ Dalam situasi Hilangkan ego suku, daerah, klen, budaya dan basis organisasi tapi harus bersatu dalam media rakayat KNPB untuk sukseskan agenda mogok sipil nasional (MSN) sebagai wujud nasional menolak kedudukan indonesia di tanah Papua,” Jelasnya.

Sementara itu, mewakili badan pengurus KNPB wilayah Manokwari, Abraham Togoldy selaku sekretaris umum dalam sambutannya menjelaskan pasalnya tentang cikal bakal lahirnya KNPB sejak 19 november 2008 bertempat di aula STT Wallter Post Sentani, pos 7 sampai sekarang usia sudah mencapai 14 tahun,.tutur Abraham saat penyambutan

Selai itu, Togodly juga meyampaikan selama 13 tahun KNPB mengalami berbagai cara untuk menghancurkan KNPB, mengkriminalisasi KNPB dari pusat sampai wilayah, mengkambing hitamkan nama KNPB di publik dan juga menghancurkan basis KNPB yang selama ini KNPB bangun.katanya

 

“namun kami tetap eksis dalam perlawanan. KNPB sebagai media rakyat tidak kemana-mana tapi ada dimana-mana untuk mediasi semua ketidakadilan terjadi terhadap bangsa Papua hingga bangsa Papua merdeka.” Jelasnya ia

Lanjut, Yunus Aliknoe sebagai sekretaris satu KNPB Manokwari menyampaikan bahwa KNPB sudah berhasil dan meyakinkan publik dari nasional, regional dan sampai internasional.

“KNPB sebagai media banyak tantangan yang selama ini hadapi mulai dari tuduhan dan kriminalisasikan ke rana hukum kriminal untuk menghancurkan persatuan nasionalisme yang selama ini KNPB bangun”.

 

Alikkone, KNPB sudah belajar dan sudah sadar dalam perjuangan melawan indonesia sehingga sampai saat ini KNPB terus eksis melawan indonesia melalui agenda-agenda kolektif dan bermartabat.

“KNPB sudah berhasil kerja-kerja perjuangam karena hasil resolusi kongres 1 KNPB di kampung harapan sentani diputuskan 4 resolusi sudah sukses,” Pintanya.

 

Maka, KNPB secara nasional hanya memiliki satu agenda kolektif yaitu mogok sipil nasional (MSN). Sehingga kami berpesan rakyat papua barat lebih khususnya ditanah Arfak segara siapkan diri untuk mobilisasi umum diri sendiri dari kelompok ke kelompok organisasi guna sukseskan MSN secara damai dan bermartabat.akhirnya Kegiatan tersebut ini berjalan dengan aman dan terkendali dalam penyertaan Allah Leluhur Bangsa Papua.tutup

 

Reporter : DAMIANUS YOGI
Editor : Redaksi-Hans

Leave a Reply

Your email address will not be published.

-------------------------------------- ----