Menteri Luar Negeri Italia Ingin Menjawab Duta Besar yang Dibunuh

banner 468x60
Foto saat jenazah di evakuasi duta besar Doc/HG-JP

Italia, jalapapua.com–berita, Luarzah diplomat Italia tiba di Roma.
 Disambut Kembali ke Italia
Jenazah duta besar Italia Luca Attanasioand yang meninggal pada usia 43 tahun akibat luka tembak – bersama dengan pengawal Vittorio Iacovacci dan seorang pengemudi WFP Kongo, Moustapha Milambo, tiba Selasa malam di Roma.

Kedatangan almarhum di negara asalnya sehari setelah serangan yang dikaitkan oleh Kinshasa dengan pemberontak Hutu Rwanda – yang menyangkal keterlibatan apa pun.

Duta besar sedang dalam perjalanan ketika konvoi Program Pangan Dunia (WFP) yang ia tumpangi disergap di provinsi timur Kivu Utara, Republik Demokratik Kongo – dekat perbatasan dengan Rwanda.

Sebuah pesawat militer, sebuah Boeing 767, meninggalkan bandara Goma, ibu kota Kivu Utara, mendarat tak lama setelah pukul 23:00 (22:00 GMT) di bandara Ciampino, dekat ibu kota Italia, dengan jenazah diplomat dan pengawalnya. dalam peti mati terbungkus bendera Italia, menurut televisi publik Rai dan kantor berita Ansa.

Panggilan Resmi Untuk Investigasi

Menteri Luar Negeri Italia Luigi Di Maio dipanggil untuk memberikan jawaban pada hari Rabu.

“Kami telah secara resmi meminta WFP (Program Pangan Dunia) dan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk membuka penyelidikan guna mengklarifikasi apa yang terjadi, alasan di balik pengaturan keamanan yang digunakan dan siapa yang bertanggung jawab atas keputusan ini.”

Dia menambahkan bahwa dia menunggu “jawaban yang jelas dan lengkap.”

Pesawat militer yang membawa jenazah diplomat dan pengawalnya dengan peti mati berbendera Italia disambut di bandara Ciampino – bersama dengan istri duta besar yang masih hidup dan ketiga putri mereka, oleh Perdana Menteri Mario Draghi, Menteri Pertahanan. Lorenzo Guerini dan Kepala Diplomasi.

Reporter  : Hans Gobay

Resource  : Afrikanews

Leave a Reply

Your email address will not be published.

-------------------------------------- ----