Berita  

Pemerintah Vanuatu Mengangkat Masalah Papua Barat dan Perubahan iklim pada Puncak Pertemuan Pemim From Pasific yang ke 51

banner 468x60

PM Vanuatu saat Berpidato pada HUT Republic Vanuatu, (Foto:Daily vanuatu)

Paniai  ,JALAPAPUA .NEWS–Pemerintah Vanuatu Mengangkat Masalah  Papua Barat dan Perubahan iklim pada Puncak Pertemuan Pemim From Pasific  yang ke 51 di Fiji,Suva.

Perdana Menteri (PM) Vanuatu Hon. Bob Loughman termasuk di antara para pemimpin regional yang berkumpul di Fiji untuk KTT Pemimpin Forum Kepulauan Pasifik (PIF) ke-51 di Suva, Fiji, minggu ini.hal itu di terima  media JALAPAPUA  di liris via vanuatu daily post,12-07-2022.

PM Loughman meninggalkan Port Vila pada Sabtu sore dengan delegasi berat. Pertemuan 3 hari dibuka kemarin. Perdana Menteri Vanuatu juga diharapkan melakukan pembicaraan bilateral dengan para pemimpin forum lainnya dan negara-negara anggota terkait.

.sumber dekat Kantor Perdana Menteri mengatakan perubahan iklim adalah salah satu agenda PM Loughman yang akan diangkat selama KTT.

Sumber itu mengatakan Loughman juga diharapkan mengangkat isu West Papua. Pertemuan 3 hari biasanya diakhiri dengan resolusi.

.Presiden Sementara United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), Benny Wenda, berada di Port Vila minggu lalu dan dia juga diharapkan berada di Suva ini sebagai bagian dari perjuangan rakyat West Papua untuk mendapatkan kemerdekaannya dari Indonesia.

.PIF adalah satu-satunya organisasi regional yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Setiap tahun, PIF harus bertemu di hadapan Majelis Umum PBB. Sudah menjadi tradisi bagi para Pemimpin PIF untuk bertemu dan membahas isu-isu bersama yang akan mereka angkat dan pertahankan di Sidang Umum PBB.

Sumber  : daylypost

Leave a Reply

Your email address will not be published.

-------------------------------------- ----